Kloningan

Saturday, June 7, 2014

[Usul] Postingan Yg Dilaporkan Copy-Paste

Leave a Comment
Berric Dondarrion

Dear Admin Kompasiana,

Saya paham bahwa Kompasiana mengharapkan jeda memasukan artikel adalah berjarak minimal satu jam dengan artikel baru, mengingat sebelum artikel ini saya baru memposting artikel jadi untuk sekarang saya mohon toleransinya.

Artikel saya di Kompasiana memang sering dihapus, kebanyakan karena dua alasan: mendiskriditkan orang lain dan copy paste. Untuk alasan pertama walaupun masih bisa diperdebatkan tapi saya paham diskresi menentukan artikel mana yang dirasa menyudutkan pihak lain adalah wewenang mutlak dari jajaran admin Kompasiana, sedangkan untuk artikel copy paste sering kali postingan tersebut sudah dinyatakan copy paste dan dihapus baru ada pemberitahuan.

Ketika terjadi beberapa waktu lalu saya diam saja dan tidak berniat memperdebatkan, tapi karena terjadi berkali-kali penghapusan artikel dengan alasan copy paste padahal saya yang menulis sendiri jadi agak tersinggung secara intelektual. Beberapa artikel saya memang ada di forum atau website lain baik diposting mereka atau saya posting sendiri.

Untuk itu bila berkenan mempertimbangkan saya mau memberi usul supaya sebelum menghapus postingan copy paste terlebih dahulu dilakukan konfirmasi ke yang bersangkutan untuk membuktikan dia yang menulis, kecuali bila sudah jelas-jelas tulisan orang lain. Belajar dari penghapusan sebelumnya ketika saya langsung nulis di Kompasiana tapi dihapus karena dianggap copy paste dan saya malas mengetik ulang maka sekarang saya tulis artikel di media word processing lain dulu baru copy paste ke Kompasiana sehingga ada cadangan, tapi tidak menyenangkan juga bila harus posting ulang karena dituduh copy paste.

Saya sadar tulisan saya banyak mengkritik Jokowi yang memiliki banyak penggemar dan mereka pasti ingin tulisan saya tidak tayang dengan alasan apapun termasuk laporan konyol seperti copy paste. Oleh karena itu saya mohon kebijaksanaan Kompasiana dalam hal ini.

Demikian, terima kasih atas perhatiannya.

0 comments:

Post a Comment